Berita menarik datang dari IPB University! Dikenal karena keunggulannya di bidang pertanian, universitas ini telah berhasil masuk ke peringkat global 400 teratas dalam peringkat QS World University (QS WUR) 2026. Secara khusus, IPB sekarang berdiri di seluruh dunia ke -399. Prestasi ini menyoroti upaya dan komitmen yang luar biasa dari komunitas akademik IPB untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian mereka.
Perjalanan IPB University di QS WUR 2026
Sebelumnya diposisikan di #426 pada tahun 2025 dan #489 pada tahun 2024, kenaikan peringkat IPB membuatnya semakin diakui di panggung global. Dari lebih dari 8.467 universitas dari 106 negara yang dievaluasi, hanya sekitar 1.501 lembaga yang masuk ke daftar QS WUR 2026 akhir, dengan IPB mencapai posisi terpuji.
Indikator penilaian dan pencapaian IPB
QS WUR mengevaluasi universitas berdasarkan 9 indikator, termasuk reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, rasio fakultas-ke-siswa, dan kutipan penelitian per fakultas. IPB telah mencatat pencapaian yang signifikan seperti:
- Peringkat #153 secara global untuk rasio fakultas-ke-siswa
- Reputasi majikan di #213 di seluruh dunia
- Fakultas Internasional peringkat #323 di dunia
Di Indonesia, peringkat IPB sebagai universitas terbaik ke -5 menurut QS WUR 2026.
Universitas Indonesia lainnya di peringkat global
Besides IPB, 25 other Indonesian universities are also featured in QS WUR, including Universitas Indonesia (#189), Universitas Gadjah Mada (#225), ITB (#268), and Universitas Airlangga (#296). This showcases the ongoing progress of Indonesian education on the international stage.
Pernyataan dari Rektor IPB University
Profesor Arif Satria, rektor IPB, menyatakan rasa terima kasih dan kebanggaannya atas pencapaian ini. Dia mengaitkan keberhasilan ini dengan kerja keras seluruh komunitas akademik dan dukungan dari berbagai pihak. Ini berdiri sebagai bukti nyata dari komitmen IPB untuk memberikan pendidikan dan penelitian kelas dunia.
Prestasi IPB tidak hanya membawa kebanggaan bagi universitas dan komunitas akademiknya, tetapi juga menyuntikkan energi positif ke dalam pengembangan keseluruhan pendidikan tinggi di Indonesia.